Tujuan dari mempelajari HCI adalah bertujuan memahami bagaimana manusia dapat berinteraksi atau berkomunikasi dengan komputer dengan segala kemudahan yang ada. Sehingga manusia mudah mendapatkan informasi dengan kemudahan tersebut, karena pada saat ini segala sesuatu yang menyangkut IMK aplikasinya sudah user friendly.
- Tujuan utama IMK adalah
- Berguna
- Aman
- Produktif
- Efektif
- Efisien
- Fungsional
- Meningkatkan interaksi antara manusia dengan komputer
Definisi IMK
Interaksi manusia dan komputer atau yang biasa di sebut HCI (human computer interaction) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antaramanusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Bidang/Disiplin ilmu yang terkait IMK
Pada Interaksi Manusia dan Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) ini cakupan atau fokus perhatiannya lebih luas, tidak hanya berfokus pada rancangan antarmuka saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek atau disiplim ilmu yang berhubungan dengan interaksi antara manusia dan komputer. HCI ini kemudian berkembang sebagai disiplin ilmu tersendiri (yang merupakan bidang ilmu interdisipliner) yang membahas hubungan tirnbal balik antara manusia-komputer beserta efek-efek yang terjadi diantaranya adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna computer agar mudah digunakan oleh manusia.
Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer, dapat secara langsung maupun tidak langsung. Komputer adalah teknologi dari desktop sampai sistem komputer besar, system pengontrolan proses atau sistem embedded.
Jadi pengertianya adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka (interface) untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik.
Beberapa aspek yang menjadi focus dalam perancangan sebuah antarmuka ialah :
1. Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka
2. Metode implementasi antarmuka
3. Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka
4. Pengembangan antarmuka baru
5. Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru
IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Yang terkait dengan IMK :
• Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user , kognitif, kemampuan memecahkan masalah .
• Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karateristik fisik user.
• Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
• Ilmu Komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan .
• Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
• Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface .
Para perancang antarmuka manusia
dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat
akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).Untuk membuat antarmuka yang
baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain :
1. Teknik elektronika & ilmu
komputer
memberikan kerangka kerja untuk
dapat merancang sistem HCI
2. Psikologi
memahami sifat & kebiasaan,
persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
3. Perancangan grafis dan
tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama
dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif
antara manusia & komputer
4. Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik
untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi
kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu,
kebersihan tempat kerja
5. Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia,
memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing
anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik
merupakan cabang ilmu yang
mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi
yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami,
bahasa menu, bahasa perintah
7. Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem
manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanyaPHK karena adanya otomasi
kantor.
CPU vs Keyboard
Manusia pada umumnya tidak pernah
tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui
keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai keluaran.
Manusia jarang sekali menyadari
proses interaksi dengan komputer. Manusia baru menyadari proses interaksi
tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya.
Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif, kurang menarik,
kurang komunikatif.
Interaksi bisa dikatakan dialog
antara user dengan komputer.
Model atau jenis interaksi,
antara lain :
1. Command line interface
(perintah baris tunggal)
contoh : unix, linux, dos
2. Menu (menu datar dan menu
tarik)
contoh : hampir semua software menggunakan menu
3. Natural language (bahasa
alami)
contoh : bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
4. Question/answer and query
dialogue
contoh : mysql, dbase interaktif, dll
5. Form-fills and spreadsheets
contoh : excel, lotus, dll
6. WIMP
Sistem informasi
- Windows Icon Menu Pointer
- Windows Icon Mouse Pulldown Menu yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll.
Bidang ilmu interaksi manusia dan
komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi,
dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat
digunakan oleh manusia dengan mudah.
Pengertian Interaksi
Komunikasi 2 arah antara manusia
(user) dan sistem komputer.
Interaksi menjadi maksimal
apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon (aksi &
reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka interaksi akan
mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
Definisi interaksi manusia dan
komputer
Interaksi manusia dan komputer
adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik
tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem
yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
Prinsip kerja komputer = input
proses output
Kepada komputer diberikan data
yang umumnya berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer
yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.
Tanpa disadari kita
(manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar
monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang
ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
Yang kemudian hasil inputan ini
akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia
dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan
mesin pencetak (printer).
Sejarah IMK:
Komputer pertama kali
diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, mesin ini sangat sulit dipakai
dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal
dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli
teknik.
komputer pribadi (PC)
diperkenalkan pada tahun 70-an, Dengan ini prkembangan penggunaan teknologi ini
secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan,
perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan
teknologi tersebut mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem rancangan
dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai
kecocokan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus
berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu
teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine
Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
Para peneliti akademis mengatakan
suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan
kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi
kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan
tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi
Manusia-Komputer.
Konsep
Usability merupakan salah satu
faktor penting dalam IMK suatu situs web. Kemajuan teknologi menyebabkan
pentingnya efektifitas, efesiensi dan kemudahan-kemudahan lainnya ketika
pengguna internet mengujungi suatu situs.
Menurut Nielsen(2003),
komponen-komponen yang membengaruhi usabilityantara lain :Usability
- Learnability (Kemampuan Pembelajaran)
Seberapa mudah memperlajari suatu
sistem.
Seberapa cepat untuk menguasai
sampai menjadi mahir.
Bagaimana kemampuan pemakai
mempertahankan pengetahuannya setelah jangka waktu tertentu.
- Throughput (Tolak Ukur Keluaran)
Seberapa cepat suatu tugas
dikerjakan
Seberapa banyak kesalahan dan
kesalahan-kesalahan apa saja yang dibuat pemakai.
seberapa banyak orang yang
diperlukan untuk memperbaiki kesalahan.
- Flexibility (Keluwesan)
Seberapa besar kecocokan sistem
dengan keahlian seorang pemakai.
Fleksibilitas sistem diubah untuk
memenuhi jalan kerja yang berbeda atau perbedaan level dari suatu keahlian.
- Attitude (Perilaku)
Kepuasan pemakai terhadap sistem.
Manfaat yang dirasakan oleh
pemakai terhadap sistem.
Berapa lama sistem dipakai oleh
pemakai.
Menurut Mandel(1994) , masalah-masalah usability yang umum terjadi
antara lain :
- Visualisasi yang buruk.
- Informasi yang bisa dibaca mengalami kerusakan.
- Komponen yang tidak dapat dimengerti.
- Selingan yang mengganggu.
- Navigasi yang membingungkan.
- Navigasi yang tidak efisien.
- Operasi yang tidak efisien.
- Scrolling yang berlebihan atau yang tidak efisien.
- Informasi yang berlebihan atau terlalu banyak.
- Rancangan yang tidak konsisten.
- Informasi yang tidak ter-update.
Perancangan antarmuka sistem
merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum membuat antarmuka. Tiga hal
penting yang harus diperhatikan dari peracangan tersebut antara lain :
- Penentuan sasaran masyarakat pemakai dan tugas-tugasnya sangat penting.
- Desain yang baik bagi komunitas yang satu bisa tidak sesuai bagi komunitas lainnya.
- Desain yang efisien bagi sekumpulan tugas dapat tidak efisien bagi kumpulan lainnya.
Mengacu pada hal-hal tersebut,
berikut adalah langkah-langkah perancangan antarmuka sistem :
- Tentukan pengunjung situs.
- Pahami fungsi bisnis
- Pahami prinsip-prinsip antarmuka dan rancangan layar yang baik.
- Kembangkan system menu dan skema navigasi.
- Pilih jenis windows yang tepat.
- Pilih peralatan interksi yang tepat.
- Pilih pengatur layar yang tepat.
- Buat teks dan pesan yang jelas.
- Berikan timbal balik yang efektif.
- Berikan akses yang efektif.
- Buat grafik, icon, dan gambar yang berguna.
- Gunakan warna yang tepat.
- Atur tataruang windows dan halaman.
- Lakukan test.
Bidang/Disiplin ilmu yang terkait IMK
Pada Interaksi Manusia dan Komputer atau HCI (Human Computer Interaction) ini cakupan atau fokus perhatiannya lebih luas, tidak hanya berfokus pada rancangan antarmuka saja, tetapi juga memperhatikan semua aspek atau disiplim ilmu yang berhubungan dengan interaksi antara manusia dan komputer. HCI ini kemudian berkembang sebagai disiplin ilmu tersendiri (yang merupakan bidang ilmu interdisipliner) yang membahas hubungan tirnbal balik antara manusia-komputer beserta efek-efek yang terjadi diantaranya adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna computer agar mudah digunakan oleh manusia.
Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer, dapat secara langsung maupun tidak langsung. Komputer adalah teknologi dari desktop sampai sistem komputer besar, system pengontrolan proses atau sistem embedded.
Jadi pengertianya adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka (interface) untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan. Tujuannya adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik.
Beberapa aspek yang menjadi focus dalam perancangan sebuah antarmuka ialah :
1. Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka
2. Metode implementasi antarmuka
3. Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka
4. Pengembangan antarmuka baru
5. Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari sebuah antarmuka baru
IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu. Yang terkait dengan IMK :
• Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user , kognitif, kemampuan memecahkan masalah .
• Ergonomi yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan / karateristik fisik user.
• Sosiologi yang membantu pemahaman mengenai konsep interaksi secara luas.
• Ilmu Komputer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan .
• Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasil.
• Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface .
0 komentar:
Posting Komentar